Android 9

FAST DOWNLOADads
Download

Android 9 – Google pada kesudahannya mengumumkan resmi sistem operasi Android P terbaru. Huruf “P” di namanya yakni akronim dari “Pie”. Sistem operasi Android versi 9 itu mulai tersedia melalui update over-the-air untuk perangkat-perangakat seri Pixel besutan pada Google.


Pabrikan lainya yang ikut pada kegiatan Android P beta dijadwalkan akan menyusul termasuk Sony, Xiaomi, HMD Global (Nokia), Oppo, Vido, OnePlus, dan Essential. Dibandingkan pendahulunya, Android Pie mengusung banyak pembaruan di banyak sekali aspek dan tema android 9.


 Google pada kesudahannya mengumumkan resmi sistem operasi Android P terbaru Android 9
adroid 9


Fitur Unggulan adroid 9


Berikut yakni fitur terbaru android 9 pie yang menjadi unggulan


1. Smart reply dari notifikasi


Smart reply pada notifikasi Android Pie Smart reply di notifikasi Android Pie(Google) Google menerapkan pad tampilan serba membulat di antarmuka grafis Android Pie, termasuk pada bab quick setting dan tray notifikasi.


Tema visual material design pada Android Pie menambahkan white space dan sudut membulat. Tampilan setting sekarang menampilkan ikon yang lebih berwarna-warni.


2. Mode gelap


Opsi tampilan gelap di Android Pie, tampilan antarmuka mempunyai warna gelap lebih nyaman daripada warna putih jelas menyerupai biasa.


Di Android Oreo yang sebelumnya, Google menyediakan opsi dark mode yang harus diaktifkan dengan cara menentukan wallpaper, namun fitur tersebut ditarik.


Dark mode sekarang kembali di Android Pie. Cara mengaktifkannya mudah, hanya dengan membuka pada opsi Display di sajian Settings, kemudian Device theme, kemudian pilih di antara tiga opsi, otomatis (berdasarkan wallpaper), terang, atau gelap.


3 . Simulasi “poni”


Banyaknya smartphone Android mempunyai “notch” poni di bab atas untuk kawasan kamera depan dan earpiece, layarpun terus dilebarkan dan menyisakan bingkai tipis di pinggir perangkat. Untuk mengakomodir tren yang mengemuka ketika ini


Android Pie menyediakan sejumlah kemudahan simulasi notch untuk developer, supaya bisa melihat menyerupai apa tampilan pada aplikasinya di smartphone berponi. Caranya yaitu mengaktifkan Developer Mode, kemudian opsi “Simulate a display with a cutout” di bab Drawing.


4. Editing screenshot


Android Pie mendukung cara pengambilan screenshot dengan cara menahan tombol power dan volume down dengan bersamaaan.


Selain itu, terdapat fitur gres untuk editing screenshot. Setelah tangkapan layar diambil, Android Pie menampilkan tombol “Edit” pada preview screensot. Opsi penyuntingannya yaitu crop, highlight, dan menggambar.


Ini mempersingkat langkah yang diharapkan kalau pengguna menyunting gambar screenshot sebelum nantinya dibagikan ke orang lain.


5. Digital wellbeing


Fitur ini tidak diterapkan secara default pada Android Pie, naun bisa didapatkan melalui keikutsertaan kegiatan beta, dengan syarat pengguna mempunyai perangkat seri Pixel. Digital wellbeing mempunyai tujuan mengurangi pemakaian pada ponsel oleh pengguna, melalui sebuah dashboard khusus yang menampilkan fitur pendukung.


Ada “app timer” yang membatasi waktu berjalannya sebuah aplikasi, do not disturb, serta “wind down” yang dengan otomatis mengaktifkan Night Light dan mengubah warna layar sampai menjadi grayscale untuk mengingatkan pengguna supaya segera tidur, kalau masih sibuk pada layar ponsel di kasur.


6. Lockdown Fitur


Lockdown untuk mematikan pemindai sidik jari dan meminta pengguna untuk memasukkan PIN ataupun pattern untuk membuka pada kunci perangkat.


Ada satu fitur sekuriti yang gres untuk keamanan ekstra yang diterapkan pada Android Pie, yaitu mode Lockdown yang mengunci perangkat, kemudian menonaktifkan pemindai sidik jari dan juga voice unlock, serta tidak menampilkan notifikasi pada lock screen.


Perangkat akan meminta kunci default menyerupai contohya PIN atau pattern. Cara mengakifkannya yaitu dengan membuka opsi Security and Location pada sajian Setting, kemudian Lock Screen Preference, dan aktifkan Show lockdown. Pilihan untuk Lockdown kemudian akan ditampilkan ketika pengguna menekan tombol daya.


7. Navigasi berbasis gestur


Tombol elips yang kecil di tengah alayar merupakan tombol home. Navigasi lain mengandalkan gerakan jari. Bosan dengan 3 tombol navigasi default Android?


Google menyediakan sebuah alternatif di Android Pie, yaitu navigasi berbasis gestur swiping. Sapukan jari ke kanan untuk menjalankan pad fungsi “back”, ke kiri untuk berganti pada aplikasi yang terbuka, ke atas untuk melihat “recent apps” ataupun app drawer. Tombol elips kecil (on screen button) yang ada tengah layar mempunyai fungsi layaknya tombol home fisik membawa pengguna ke layar home.


8. Kunci rotasi


Tombol khusus yang di atas layar perangkat Android Pie yakni untuk mengunci orientasi layar. Sebagian pengguna Android sering terpaksa membolak-balik perangkatnya gara-gara tampilan yang mendadak layarnya berubah dari portrait atau juga sebaliknya, ketika perangkat berganti orientasi.


Berbeda dari versi Android yang sebelumnya yang hanya bisa menyediakan opsi “on” dan “off” untuk rotasi otomatis, Android Pie bisa mengunci tampilan pada orientasi tertentu. Sebuah tombol khusus yang ada di pojok atas layar digunakan untuk mengaktifkan kunci rotasi ini.


9 . Adaptive battery


Fitur adaptive battery memaka kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaaan pada aplikasi oleh pengguna, termasuk untuk kapan saja waktu dan pemakaiannya. Aplikasi yang umum digunakan akan mendapat prioritas resource dan baterai untuk berjalan pada background.


Tujuannya tak lain yakni untuk meningkatkan efisiensi daya dan juga menghemat baterai. Untuk mempermudah pengguna di dalam memantau, indikator daya baterai yang tersisa dan ditampilkan di bab bawah ambient display (always on display), menyerupai yang sebelumnya telah dilakukan oleh sebagian pabrikan Android di perangkatnya.


 



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url